Mualdin Sinurat

Mualdin Sinurat adalah Guru Matematika di SMP Swasta Putri Cahaya Medan. Putra Batak dari pinggiran Danau Toba pulau Samosir kelahiran 1971 dan telah memi...

Selengkapnya
MERAJUT MASA DEPAN

MERAJUT MASA DEPAN

Medan, 12 Juni 2019.

Tiga hari telah berlalu. Ujian kenaikan kelas bagi siswa kelas 7 dan 8 SMP Swasta Putri Cahaya Medan diikuti oleh 420 peserta berlangsung dengan lancar. Situasi ujian terlihat tenang. Para siswa hadir sebelum bel pertanda ujian dibunyikan. Wajah para peserta ujian ini pun terlihat ceria menghadapi test yang mereka ikuti. Antusias dan semangat tinggi mereka tunjukkan dengan membentuk kelompok-kelompok yang saling berdiskusi membahas materi yang akan diujikan hari ini. Di lokasi sekolah terlihat para siswa asyik dengan nuansa diskusi dadakan itu.

Ketika saya berpapasan dari sekelompok siswa kelas 7, saya menyapa: " selamat pagi semuanya. Sudah siapkah untuk ujian hari ini"? Dengan spontan tanpa komando mereka menjawab:"sudah dong pak". "Bagus, harus begitu ya" sahut ku kepada mereka sambil memasuki kantor dewan guru. Berkas soal yang saya bawa, langsung saya letakkan dan susun di atas meja panitia. Seraya berkeliling dalam ruangan, saya menyalami para guru satu persatu sambil menyampaikan salam ucapan selamat pagi.

Pukul 07.15 Wib, bel pertanda masuk berbunyi. Para guru dengan segera bergegas menuju ruangan tempat mengawas masing-masing setelah mengambil map berisi berkas soal dan lembar jawaban. Para siswa pun turut melangkah menuju ruangan ujian masing-masing. Di awali ibadat/doa pagi sekitar yang dipandu salah seorang guru dari kantor tata usaha, seluruh siswa dan guru memohon berkat dan kekuatan dari Yang Maha Kuasa. Berharap dalam doa agar semua pelaksanaan ujian hari ini berjalan dengan lancar.

Saat ujian berlangsung, saya sebagai ketua panitia pelaksana melakukan monitoring ke ruangan ujian. Sapaan selamat pagi yang saya ucapkan pun selalu dijawab ramah oleh setiap peserta. Keseriusan tingkat tinggi serta konsentrasi penuh tampak dari wajah mereka. Seakan tak ingin terganggu dengan kehadiran saya, para siswa ini pun langsung beraksi menuntaskan menyelesaikan soal-soal yang mereka kerjakan.

Ujian kenaikan kelas merupakan salah satu tahapan yang harus diikuti setiap siswa agar bisa naik kejenjang lebih tinggi. Hasil yang diperoleh tentu akan sangat menentukan keberhasilannya kelak dalam melanjutkan studinya setelah SMP. Berbagai upaya mereka lakukan untuk merajut masa depannya. Mulai dari les tambahan di sore hari di sekolah, belajar mandiri di rumah, diskusi kelompok bahkan tak sedikit diantara mereka yang mengikuti pivate les lagi di rumah setelah pulang dari les tambahan di sekolah selain mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. itulah pengakuan para siswa ketika ditanya tentang persiapan mereka menghadapi ujian kenaikan kelas.

Merajut masa depan memang penuh perjuangan dan pengorbanan. Itu harus dilakukan demi kesiapan menghadapi era revolusi industri 4.0. Jika tidak......maka akan tersingkirkan dalam kompetisi. Maka, berjuang lah terus para generasi emas bangsa demi masa depanmu. Hadapilah setiap tantangan yang ada dengan sikap optimis dan penuh semangat. Ingat berdoa adalah kesempurnaan perjuangan. Rajutlah masa depanmu dengan "ORA ET LABORA".

Horas, horas, horas. Semoga sukses buat anak didik kami SMP Swasta Putri Cahaya Medan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Horas pak... Sukses selalu buat siswa siswinya

12 Jun
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali