Mualdin Sinurat

Mualdin Sinurat adalah Guru Matematika di SMP Swasta Putri Cahaya Medan. Putra Batak dari pinggiran Danau Toba pulau Samosir kelahiran 1971 dan telah memi...

Selengkapnya
BERKELANA DI TANAH KELAHIRAN
dokumen sendiri

BERKELANA DI TANAH KELAHIRAN

BERKELANA DI TANAH KELAHIRAN

Guyuran hujan memperlambat perjalanan kami ketika mobil yang kami kendarai memasuki kota Pangururan tanah kelahiranku. Enam jam harus terlewatkan hingga sampai di perbukitan Sitio-tio puncak Pulau Samosir.
Rasa syukur bagi sang Ilahi yang menghadiahkan alam nan asri penuh pesona di Pulau "kepingan surga" ini terucap dalam hati seraya melemparkan pandangan mata kearah Gunung Pusuk Buhit di seberang sana. Wah....menakjubkan. Sungguh. Sore yang indah dikala mentari mulai menyembunyikan diri di balik bukit sana.
"Pa....foto pa, itu bagus kali" sahut istri dan anak anak serentak ketika kami kembali akan menuruni jalan dari puncak Pulau Samosir menuju permandian air panas.
Jepret...jepret, kamera HP spontan kuarahkan ke Gunung yang dihiasi warna mirip pelangi itu. Kelana pun berlanjut setelah bertemu dengan keluarga dan namboru (saudari bapak) yang sibuk dengan tenunan ulosnya.
Segarrŕrrrr. Rasa pegal dan lelah di badan hilang setelah satu jam berendam di Aek Rangat ( sebutan permandian air panas) di kaki gunung Pusuk Buhit.
Ya....ingin berlama-lama sih, tapi perut mulai menagih jatah untuk diisi.
Ayo....kita kembali kepuncak Puncak Pulau Samosir. Kita harus istirahat malam ini. Seru ku sambil menghidupkan mesin si abu-abu metalik kesayanganku.
Tintin...bunyi klekson memberi isyarat permisi kepada penjaga parkir.
Malam ini sàatnya beristirahat di kampung yang asri penuh pesona Sitio-sitio. Ingin menikmati udara sejuk yang terhindar dari penat dan panasnya cuaca kota Medan. Semoga esok dapat melaksanakan acara jiarah yang direncanakan dengan lancar.
Horas.

Pangururan Samosir, Sitiotio 5Juni 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali